portal terpopuler,prabowo subianto yang humanis,berani dan tegas
Berita  

Bahlil: TikTok Shop Akan Menangani Izin E-commerce, Jangan Monopoli

Rabu, 25 Oktober 2023 – 21:20 WIB

Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia menanggapi rencana TikTok untuk mengurus izin e-commerce TikTok Shop. Bahkan, CEO TikTok Shou Zi Chew direncanakan akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pekan depan.

Bahlil mengkritik bahwa TikTok seharusnya hanya menjadi platform media sosial dan tidak perlu memonopoli bidang e-commerce. Ia mengatakan, “Tidak boleh, TikTok adalah media sosial, bukan e-commerce. Tapi sudahlah TikTok, jika hanya media sosial maka biarlah menjadi media sosial saja, jangan terlalu mengatur kita.” Bahlil mengungkapkan pendapatnya tersebut setelah menghadiri BNI Investor Daily Summit 2023 pada Rabu, 25 Oktober 2023.

Bahlil menjelaskan bahwa jika TikTok ingin mengajukan izin e-commerce TikTok Shop, maka mereka harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah. “Mereka harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh pemerintah,” jelasnya.

Sebelumnya, Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengungkapkan bahwa CEO TikTok, Shou Zi Chew akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pekan depan terkait izin TikTok Shop di Indonesia. Teten menyatakan bahwa CEO TikTok sudah mengajukan surat untuk bertemu dengan Presiden Jokowi. Pertemuan tersebut direncanakan akan dilakukan pekan depan.

Teten mengatakan bahwa saat ini Pemerintah telah mengatur bahwa e-commerce yang akan beroperasi harus membuka kantor di Indonesia. Oleh karena itu, izin media sosial tidak lagi dapat digunakan untuk e-commerce. “Mereka harus mengikuti aturan, membuka kantor di Indonesia dan mendapatkan izin. Media sosial tidak diizinkan lagi digunakan dalam satu platform dengan e-commerce,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya

“CEO TikTok sudah mengajukan bertemu dengan Presiden, jadi ya Indonesia sih terbuka dengan investasi asing termasuk untuk e-commerce,” kata Teten di Jakarta Selasa, 24 Oktober 2023.