portal terpopuler,prabowo subianto yang humanis,berani dan tegas

Untuk Meningkatkan Teknologi Digital, Negara Perlu Mendukung Inovasi dan Penelitian

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG—Negara memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan teknologi digital. Salah satunya adalah menciptakan kebijakan yang mendukung inovasi dan penelitian. Saat ini, penggunaan teknologi digital dapat dengan mudah ditemui dalam setiap aspek kehidupan manusia. Tidak hanya digunakan oleh individu, tetapi juga dalam penyelenggaraan pemerintahan.

“Dari sini kita dapat melihat bahwa teknologi digital telah menjadi hal yang vital dalam kemajuan suatu bangsa di era globalisasi,” ujar Dary dalam keterangan resminya, Sabtu (13/4/2024).

Menurutnya, negara yang mampu mengembangkan teknologi digital secara mandiri dan memanfaatkannya secara optimal akan memiliki keunggulan kompetitif yang signifikan. Oleh karena itu, peran negara sangat penting dalam mendukung pengembangan dan pemanfaatan teknologi digital di berbagai sektor kehidupan.

Dary menilai, salah satu peran utama negara dalam pengembangan teknologi digital adalah menciptakan kebijakan yang mendukung inovasi dan penelitian. Negara dapat memberikan insentif, subsidi, atau dana penelitian bagi institusi pendidikan, lembaga riset, dan industri untuk mendorong penemuan-penemuan baru dan pengembangan teknologi yang inovatif.

“Dengan kebijakan yang mendukung, para peneliti dan inovator akan termotivasi untuk terus mengembangkan ide-ide brilian mereka,” katanya.

Peran negara yang baik, kata dia, seharusnya sejalan dengan kemajuan teknologi digital yang handal. Negara memiliki anggaran yang dapat dialokasikan untuk peningkatan anggaran penelitian dan pengembangan (litbang) guna meningkatkan level atau jenis teknologi yang digunakan. Namun, di era ekonomi terbuka seperti sekarang, pihak swasta juga dapat aktif dalam pengembangan litbang teknologi.

Selain menciptakan kebijakan yang mendukung, negara juga bertanggung jawab dalam memastikan infrastruktur teknologi yang memadai. Jaringan internet yang cepat dan luas, aksesibilitas terhadap perangkat teknologi, dan penyediaan layanan publik berbasis teknologi merupakan hal penting untuk memastikan bahwa masyarakat dapat merasakan manfaat dari perkembangan teknologi.

Negara perlu berinvestasi dan bekerjasama dengan pihak lokal dan swasta dalam membangun infrastruktur ini agar tidak tertinggal dalam persaingan global. Negara juga harus menciptakan lingkungan yang kondusif bagi perkembangan startup dan industri teknologi dengan memberikan berbagai fasilitas seperti ruang kantor bersubsidi, akses mudah terhadap modal usaha, pelatihan, dan pendampingan bagi para pengusaha muda atau startup.

Tidak hanya itu, negara juga memiliki peran dalam mengatur dan mengawasi perkembangan teknologi untuk memastikan bahwa pemanfaatannya tidak menimbulkan dampak negatif bagi masyarakat dan lingkungan. Regulasi yang jelas dan tegas diperlukan untuk mengatur penggunaan teknologi yang etis dan bertanggung jawab.

“Selain itu, negara juga perlu memastikan perlindungan data pribadi dan keamanan cyber bagi warganya agar tidak terjadi penyalahgunaan teknologi yang merugikan,” katanya.

Sumber: https://rejabar.republika.co.id/berita/sbuv41512/kembangkan-teknologi-digital-negara-harus-dukung-inovasi-dan-penelitian

Source link