portal terpopuler,prabowo subianto yang humanis,berani dan tegas

Agus Joko Pramono, Doktor dari Universitas Padjadjaran dan Mantan Wakil Ketua BPK yang Berhasil Lulus Tes Asesmen Calon Pegawai KPK

Agus Joko Pramono: Doktor dari Unpad dan Mantan Wakil Ketua BPK yang Melaju ke Puncak Capim KPK

Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan dan Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2024-2029 telah mengumumkan 20 nama calon pimpinan dan 20 calon dewan pengawas yang lolos ke tahap tes asesmen. Pengumuman tersebut dilakukan oleh Ketua Pansel KPK, Muhammad Yusuf Ateh, di Lobby Gedung Utama Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta Pusat, pada Rabu (11/9/2024). Tes asesmen dilaksanakan pada 28-29 Agustus 2024 dengan melibatkan 40 calon pimpinan dan 40 calon dewan pengawas KPK.

“Dari jumlah peserta tes asesmen tersebut, 20 orang calon pimpinan dan 20 calon dewan pengawas dinyatakan lolos,” kata Ateh seperti dilansir Kompas.com.

Para peserta yang lolos wajib mengikuti tahap seleksi berikutnya, yaitu wawancara dan tes kesehatan jasmani dan rohani. Wawancara dan tes kesehatan untuk calon pimpinan akan dilaksanakan pada 17 dan 18 September 2024, sementara untuk calon dewan pengawas dijadwalkan pada 19 dan 20 September 2024.

Dari 20 nama calon pimpinan yang diumumkan, terdapat dua nama yang memiliki pengalaman sebagai auditor di Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Salah satunya adalah Agus Joko Pramono, yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua BPK periode 2019-2023.

Agus memiliki latar belakang pendidikan di bidang akuntansi dan hukum. Ia meraih gelar Doktor Ilmu Pemerintahan dari Universitas Padjajaran dan Magister Akuntansi dari Universitas Gadjah Mada. Agus juga pernah mengikuti program kepemimpinan di Harvard Kennedy School of Government, Amerika Serikat.

Komitmen Agus dalam mengembangkan tata kelola yang baik dan pembangunan berkelanjutan di Indonesia menjadi modalnya di KPK. Prestasi-prestasi yang pernah diraih Agus juga mendukung komitmennya. Agus tidak hanya menunjukkan komitmen tersebut dalam lembaga-lembaga di Indonesia, termasuk BPK, tetapi juga di tingkat internasional.

Pada tahun 2019, Agus memimpin delegasi Indonesia dalam General Assembly ke-31 International Maritime Organization (IMO). Ia juga menjadi pembicara dalam United Nations High Level Political Forum (UNHLPF) di New York dan acara The 3rd South East Asia Forum on Implementation of the Sustainable Development Goals di Bangkok.

Penghargaan Distinguished Achievement Award dari Association of Certified Fraud Examiners (ACFE) yang diterima oleh Agus pada tahun 2020, juga menunjukkan dedikasinya dalam pencegahan fraud dan penguatan transparansi di Indonesia.

Kepemimpinan Agus Joko Pramono di BPK telah membawa lembaga tersebut menjadi lebih kredibel dan efektif dalam melaksanakan fungsi pengawasan keuangan negara. Di bawah kepemimpinannya, BPK tidak hanya melakukan tugas audit, tetapi juga berperan sebagai benteng integritas dalam memastikan penggunaan anggaran negara sesuai dengan prinsip akuntabilitas dan kepentingan publik.

Daftar nama peserta calon pimpinan KPK periode 2024-2029 yang lolos tes asesmen antara lain Agus Joko Pramono, Ahmad Alamsyah Saragih, Didik Agung Widjanarko, Djoko Poerwanto, Fitroh Rohcahyanto, Harli Siregar, I Nyoman Wara, Ibnu Basuki Widodo, Ida Budhiati, Johan Budi Sapto Pribowo, Johanis Tanak, Michael Rolandi Cesnanta Brata, Muhammad Yusuf, Pahala Nainggolan, Poengky Indarti, Sang Made Mahendrajaya, Setyo Budiyanto, Sugeng Purnomo, Wawan Wardiana, dan Yanuar Nugroho.

Source link