portal terpopuler,prabowo subianto yang humanis,berani dan tegas
Berita  

Ekosistem IKN Sudah Rusak Sebelum Ditetapkan Sebagai Pengganti Jakarta menurut OIKN

Rabu, 27 Desember 2023 – 15:21 WIB

Jakarta – Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN) menyatakan bahwa sebagian besar ekosistem di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sudah rusak. Kerusakan itu bahkan terjadi sebelum IKN ditetapkan sebagai calon ibu kota baru RI yang akan menggantikan Jakarta.

Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam OIKN, Myrna Asnawati Safitri mengatakan, adanya kerusakan tersebut menjadi Pekerjaan Rumah (PR) bagi otoritas untuk melindungi keanekaragaman hayati (kehati) di IKN. “Dalam situasi ekosistem yang ada di IKN, yang kita ketahui bahwa sebagian besar itu telah mengalami kerusakan, bahkan sebelum ditetapkannya IKN. Diperlukan upaya-upaya ekstra untuk melindungi kehati dengan melakukan pemulihan pada ekosistem yang ada,” ujar Myrna dalam acara konsultasi publik pada Rabu, 27 Desember 2023.

“Jadi, ini akan menjadi sebuah PR berat bagi kami. Namun, kami percaya bahwa IKN ini menjadi fokus bagi kita untuk menunjukkan keseriusan di dalam menyelaraskan aspek lingkungan di dalam pembangunan,” tambahnya.

Sementara itu, Direktur Pengembangan Pemanfaatan Kehutanan dan Sumber Daya Air OIKN, Pungky Widiaryanto menjelaskan bahwa terdapat sebanyak 3.889 spesies di dalam radius 50 kilometer (km) dari IKN. Beberapa dari spesies tersebut masuk dalam daftar merah International Union for Conservation of Nature (IUCN). Beberapa spesies itu diantaranya 36 mamalia, 39 burung, 12 herpetofauna, 89 ikan, dua serangga, 180 invertebrata laut, 81 tumbuhan, dan satu jamur.

Rencana Induk Pengelolaan Kehati IKN akan diluncurkan pada tahun 2024, yang bertujuan untuk mewujudkan kota hutan berkelanjutan yang memberikan kontribusi kepada tujuan konservasi biodiversitas nasional maupun global. Adapun misi dari rencana induk tersebut, antara lain mempertahankan ekosistem hutan dan lahan basah yang masih tersisa, merehabilitasi, merestorasi, dan mereklamasi ekosistem yang rusak, serta mengoptimalkan kinerja para pihak dalam pelestarian dan pemanfaatan keanekaragaman hayati.

IKN dibangun dengan konsep kota pintar masa depan berbasis alam dengan 70 persen area di IKN merupakan area hijau. Pungky juga menambahkan bahwa harapannya adalah kota ini akan menghutankan kembali menjadi hutan-hutan tropis di Kalimantan.

Referensi:
https://www.viva.co.id/digital/1483805-oikn-sebagian-besar-ekosistem-ikan-nusantara-sudah-rusak

Exit mobile version