portal terpopuler,prabowo subianto yang humanis,berani dan tegas
Berita  

KPU Bersiap Menghadapi Somasi dari Roy Suryo terkait Tuduhan Fitnah

Kamis, 28 Desember 2023 – 19:40 WIB

Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) berencana menghadapi somasi yang diajukan oleh Roy Suryo terkait pernyataan ‘Roy Suryo Tukang Fitnah’.

“Ketua (Hasyim) menyampaikan semua konsekuensi pekerjaan salah satunya mendapat somasi, menjadi ter-ter itu akan dilalui sebaik mungkin oleh ketua,” kata Anggota KPU RI Betty Epsiloon Idroos pada Kamis, 28 Desember 2023.

Betty menegaskan, Hasyim sudah menyampaikan hal tersebut dalam rapat pleno pimpinan KPU RI.

Sebelumnya, Roy Suryo telah mengirimkan surat somasi kepada Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari atas pernyataannya yang menyebut mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) sebagai “Tukang Fitnah”.

Somasi tersebut disampaikan oleh pihak kuasa hukum Roy Suryo dari IDCC & Associates pada Rabu, 27 Desember 2023.

“Hari ini, surat undangan dan somasi dari kuasa hukum saya sudah dikirimkan kepada saudara Hasyim Asy’ari, yang beralamat di Kantor KPU,” kata Roy Suryo.

Pernyataan Hasyim berasal dari tuduhan Roy Suryo yang menyebut bahwa cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabumung Raka, menggunakan tiga mikrofon sekaligus dalam debat cawapres perdana.

Melalui akun media sosialnya, Roy Suryo menduga KPU tidak berlaku adil terkait alat yang digunakan cawapres dalam acara debat cawapres.

KPU menegaskan bahwa semua cawapres mendapatkan alat yang sama ketika menjalani debat yang diadakan KPU. Hasyim menyebut analisis Roy Suryo terhadap alat yang digunakan kandidat cawapres saat debat keliru dan telah melakukan fitnah karena telah menyebar informasi yang keliru.

“Debat spontan, tidak mungkin didikte, mendengarkan bisikan atau baca contekan. Roy Suryo memang tukang fitnah,” kata Hasyim beberapa waktu lalu.