portal terpopuler,prabowo subianto yang humanis,berani dan tegas
Berita  

Bawaslu Mengakui Belum Menemukan Tanda-tanda Politik Uang selama Kampanye Politik

Sabtu, 30 Desember 2023 – 19:25 WIB

Jakarta – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi DKI Jakarta menjelaskan bahwa hingga saat ini masih belum menemukan indikasi dugaan pelanggaran politik uang selama masa kampanye Pemilu 2024.

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu DKI, Benny Sabdo, mengatakan bahwa selama masa kampanye, tidak ditemukan indikasi tersebut. “Belum ada. Tentu kami berharap nanti tidak ada,” ujar Benny Sabdo dalam keterangannya, Sabtu 30 Desember 2023.

Benny menjelaskan bahwa pihak Bawaslu DKI sama sekali tidak akan segan-segan dalam menindak tegas jika menemukan dugaan pelanggaran politik uang dalam kampanye di Jakarta. “Artinya kami akan menegakkan hukum secara tegas dan juga ini untuk menjamin pemilu yang jujur dan adil. Tentu Bawaslu tegas,” ujar Benny.

Benny juga mengatakan bahwa Bawaslu DKI sendiri hingga kini memprioritaskan tiga pengawasan terkait dugaan pelanggaran Pemilu 2024. “Kami tidak akan menoleransi ketika ada (dugaan pelanggaran) politik uang. Itu akan kami tindak tegas. Kemudian kedua soal orang mencoblos dua kali,” ujar Benny.

Benny juga menegaskan bahwa pihaknya akan melakukan pengawasan di setiap Tempat Pemilihan Suara (TPS) sejak pencoblosan berlangsung hingga selesai. “Sampai sekaligus nanti rekapitulasi di tingkat kecamatan, kota dan provinsi. Ini akan menjadi fokus dan prioritas dalam tahapan kampanye, pemungutan suara dan penghitungan suara,” ujarnya.

Adapun terkait dugaan pelanggaran politik uang, hal tersebut pernah terjadi di tiga wilayah DKI Jakarta pada Pemilu 2019 lalu. Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi DKI Jakarta menjelaskan hingga kini masih belum menemukan indikasi dugaan pelanggaran politik uang saat masa kampanye Pemilu 2024.

Exit mobile version