portal terpopuler,prabowo subianto yang humanis,berani dan tegas
Berita  

Akibat Perbedaan Hilal, Ucapan Emosi Berakhir dengan Penjara, Penyesalan Datang Setelahnya

Senin, 11 Maret 2024 – 08:52 WIB

Jakarta – Perbedaan awal bulan Ramadhan tahun 1445 H/2024 terjadi di Indonesia. Sebagian umat muslim di Indonesia memulai puasa Ramadhan pada hari ini, Senin, 11 Maret 2024. Namun, sebagian besar umat muslim lainnya memulai ibadah puasa pada hari Selasa, 12 Maret 2024.

Pemerintah menetapkan bahwa 1 Ramadhan 1445 H/2024 jatuh pada hari Selasa, 12 Maret 2024. Keputusan ini didasarkan pada sidang isbat yang menyatakan bahwa ketinggian hilal di seluruh Indonesia belum memenuhi kriteria yang dapat dilihat atau imkanur rukyat.

Posisi hilal di Indonesia pada sidang isbat awal Ramadhan 1445 H, belum memenuhi kriteria baru yang ditetapkan oleh MABIMS (Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura). Pada tahun 2021, Menteri Agama anggota MABIMS menyepakati kriteria baru yaitu tinggi hilal 3 derajat dan elongasi 6,4 derajat.

Warga Muhammadiyah sudah memulai Ramadhan 1445 H sejak Minggu malam dengan menunaikan salat Isya berjamaah dan salat tarawih.

Majelis Tarjih Pengurus Pusat Muhammadiyah telah menetapkan awal Ramadhan 1445 H pada tanggal 11 Maret 2024. Keputusan ini menggunakan metode Hisab Wujudul Hilal Hakiki yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas, menghormati perbedaan penetapan awal Ramadhan 1445 H. Menurutnya, perbedaan adalah hal yang wajar sehingga tidak perlu menjaga ukhuwah Islamiyah.

Pada tahun sebelumnya, terjadi kasus viral yang melibatkan peneliti Badan Riset Nasional (BRIN), Andi Pangerang Hasanuddin, yang mengancam warga Muhammadiyah. Andi kemudian meminta maaf atas tindakannya dan dipecat sebagai ASN BRIN.

Andi Pangerang kemudian divonis satu tahun penjara oleh Pengadilan Negeri Jombang karena menyebarkan informasi yang dapat menimbulkan kebencian atau permusuhan antar kelompok.