portal terpopuler,prabowo subianto yang humanis,berani dan tegas
Berita  

Perbedaan Hilal Memicu Perselisihan dan Arab Memilih Puasa Hari Senin

Perbedaan Hilal Memicu Perselisihan dan Arab Memilih Puasa Hari Senin

Selasa, 12 Maret 2024 – 06:02 WIB

Jakarta –Beberapa artikel di kanal Berita VIVA sepanjang Senin, 11 Maret 2024. Pertama, perbedaan awal Ramadan tahun 1455 Hijriyah/2024 terjadi di Indonesia.

Baca Juga :

Gol Cristiano Ronaldo Gagal Jadi Penyelamat, Al Nassr Tersingkir dari Liga Champions Asia

Diketahui, pemerintah telah menetapkan awal Puasa Ramadan jatuh pada Selasa, 12 Maret 2024. Namun, sebagian umat Islam di Indonesia sudah ada yang memulai Puasa Ramadan pada Senin, 11 Maret 2024.

Selain itu, artikel mengenai korban pesawat Pilatus PC-6 Porter PK-SNE milik maskapai penerbangan Smart Aviation yang jatuh berhasil dievakuasi. Untuk informasi lebih lanjut bisa dilihat dalam Round Up.

Baca Juga :

Terpopuler: 6 Dosa yang Dapat Menghapus Pahala Puasa, 4 Makanan Ini Sebaiknya Dihindari Saat Sahur

Berikut ringkasan artikel populer di kanal Berita yang dikumpulkan dalam Round Up:

1. Perselisihan karena Perbedaan Hilal Berujung pada Penyesalan

Baca Juga :

Mengapa Nabi Muhammad SAW Menganjurkan Makan Kurma dalam Jumlah Ganjil saat Berbuka Puasa?

Perbedaan awal Ramadhan tahun 1445 H/2024 terjadi di Indonesia. Sebagian umat muslim Indonesia memulai puasa Ramadhan pada hari ini, Senin, 11 Maret 2024. Sementara sebagian besar yang lain memulai ibadah puasa pada hari esok, Selasa, 12 Maret 2024.

Diketahui, pemerintah menetapkan 1 Ramadhan 1445 H/2024 M jatuh pada hari Selasa, 12 Maret 2024. Penetapan ini didasarkan pada keputusan sidang isbat yang menyatakan bahwa ketinggian hilal di seluruh Indonesia belum memenuhi kriteria dapat dilihat atau imkanur rukyat.

Untuk informasi lebih lanjut, baca di tautan ini.

2. Dua Korban Pesawat Smart Aviation yang Jatuh Dibawa ke RSUD Tarakan

Kondisi pilot pesawat PK-SNE Smart Aviation Kapten M Yusuf (29) yang selamat berhasil dievakuasi saat menuju Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Jusuf SK Tarakan, Minggu, 10 Maret 2024.

Dua korban pesawat Pilatus PC-6 Porter PK-SNE milik maskapai penerbangan Smart Aviation yang jatuh berhasil dievakuasi dari Binuang, Nunukan menuju Lapangan Udara Anang Busra Tarakan, Minggu untuk dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Jusuf SK.

“Seluruh korban berhasil dievakuasi dan dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Jusuf SK untuk mendapatkan perawatan,” ujar Kepala Basarnas Tarakan Syahril.

Baca tautan ini untuk informasi lebih lanjut.

3. Penampakan Api Unggun di Lokasi Jatuhnya Pesawat Smart Aviation, Tanda Pilot Selamat

Tim SAR gabungan akhirnya berhasil menemukan lokasi jatuhnya pesawat Smart Aviation dengan registrasi PK-SNE, rute Tarakan-Binuang yang hilang Kontak di daerah Binuang, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Minggu, 10 Maret 2024.

Selain menemukan lokasi jatuhnya pesawat, tim SAR gabungan juga berhasil mengevakuasi dua korban yang berada di dalam pesawat mengalami kecelakaan tragis tersebut.

Baca informasi lebih lanjut di tautan ini.

4. Arab Saudi, Qatar, UAE Umumkan Awal Ramadhan pada Hari Senin, 11 Maret 2024

Mahkamah Agung Arab Saudi mengumumkan 1 Ramadhan 1445 Hijriah/2024 Masehi jatuh pada Senin, 11 Maret 2024. Dengan demikian, Hari Senin menjadi awal bulan suci Ramadhan di Arab Saudi.

Dilaporkan oleh Arab News, Mahkamah Agung Saudi mengumumkan bahwa bulan sabit terlihat pada malam Minggu di Sudair dan Al-Hariq. Hal ini juga terjadi di Uni Emirat Arab (UAE) dan Qatar, sehingga Ramadhan akan dimulai pada hari Senin di negara-negara tersebut.

Untuk informasi lebih lanjut, baca di tautan ini.

Halaman Selanjutnya

Untuk informasi lebih lanjut, baca di tautan ini.

Halaman Selanjutnya