portal terpopuler,prabowo subianto yang humanis,berani dan tegas
Berita  

Potensi Zaki dan Maesyal Rasyid dalam Birokrasi di Pemilihan Bupati Tangerang

Senin, 27 Mei 2024 – 21:11 WIB

Jakarta – Dinamika menuju pesta demokrasi Pilkada 2024 sudah semakin memanas, salah satunya adalah peta persaingan dalam pemilihan Bupati di Kabupaten Tangerang. Mochamad Maesyal Rasyid, Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang, diyakini akan maju sebagai bakal calon Bupati Tangerang.

Maesyal dianggap memiliki kapasitas untuk menjadi kepala daerah. Hal tersebut menjadi latar belakang mantan Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, secara terbuka mendukung Maesyal untuk maju dalam Pilbub Tangerang.

“Sebagai Bupati Tangerang dua periode, tentu Zaki sangat mengenal bawahannya di Pemkab Tangerang. Apalagi, Zaki juga yang menunjuk Maesyal Rasyid sebagai Sekda 7 tahun yang lalu,” kata pengamat politik Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Usni Hasanudin, saat dihubungi di Jakarta, Senin, 27 Mei 2024.

Usni menyatakan Maesyal telah memiliki pengalaman yang cukup sebagai seorang birokrat selama lebih dari 3 dasawarsa. Menurutnya, hal ini menjadi modal yang besar dalam menjalani jabatan sebagai kepala daerah. Usni mengatakan bahwa pengalaman 30 tahun bukanlah waktu yang singkat.

“Maesyal juga memulai karirnya dari bawah di Pemkab Tangerang. Artinya, dia sangat memahami tantangan dan potensi daerah selain dari bidang birokrasi. Ini mungkin yang membuat Zaki mendukung Maesyal karena yakin dengan pengalaman dan kompetensinya,” jelas Usni.

Usni menambahkan bahwa saat ini tergantung pada Maesyal untuk dapat merespons dukungan dari Zaki secara optimal agar elektabilitasnya meningkat.

“Nah, tinggal bagaimana Maesyal mampu mengonversi dukungan ini untuk meningkatkan popularitas dan elektabilitasnya,” lanjut Usni.

Zaki sebelumnya secara terbuka memberikan dukungan kepada Maesyal untuk maju dalam Pilbup Tangerang 2024. Sikap politik Zaki tersebut menjadi viral di media sosial beberapa waktu lalu.

“Jika ditanya kepada Bang Zaki siapa yang dipilih, saya memilih H. Moch. Maesyal Rasyid untuk membangun Kabupaten Tangerang menjadi semakin gemilang,” ujar Zaki.

Zaki mengungkapkan bahwa alasan mendukung Maesyal sebagai bakal Calon Bupati Tangerang adalah karena rekam jejaknya sebagai seorang birokrat.

“Mengapa tidak memilih yang lain? Silakan cek fakta di lapangan. Sebagai individu, karier Pak Rudi Maesyal dan kontribusinya memang luar biasa,” ungkap politikus Golkar tersebut.

Sementara itu, Maesyal dikenal sebagai seorang birokrat ulung. Karier gemilangnya dimulai sebagai honorer pada tahun 1983, kemudian menjadi pegawai negeri sipil (PNS) pada tahun 1989.

Karirnya di Pemkab Tangerang terus menanjak sejak tahun 1995 hingga saat ini. Awalnya, ia dipercaya untuk menjabat sebagai Kasubsi Perhitungan di Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda). Selain itu, Maesyal juga pernah menjabat sebagai Camat di beberapa wilayah, Kepala Dispenda, hingga akhirnya menempati posisi sebagai Sekda Tangerang pada tahun 2017.