portal terpopuler,prabowo subianto yang humanis,berani dan tegas
Berita  

Dukungan terus menurun bagi KPK, kata Alex Marwata: Pimpinan bukanlah malaikat

Dukungan terus menurun bagi KPK, kata Alex Marwata: Pimpinan bukanlah malaikat

Sabtu, 22 Juni 2024 – 06:18 WIB

Jakarta – Wakil Ketua KPK Alexander Marwata membuka suara mengenai dukungan publik terhadap KPK yang terus menurun. Dia menyebutkan bahwa dukungan publik tersebut hilang karena ada sosok tertentu di pimpinan KPK yang ditolak oleh masyarakat sejak awal pencalonannya.

Baca Juga :

Gara-gara Hasto Diperiksa KPK, FX Rudy Gerakkan Kader PDIP Solo

“Saya melihat bahwa dalam 5 tahun terakhir, sejak pemilihan pimpinan KPK periode ke-5, publik sudah menolak sosok tertentu,” kata Alex Marwata kepada wartawan, Jumat 21 Juni 2024.

Namun, Alex tidak menjelaskan sosok pimpinan yang menyebabkan berkurangnya dukungan publik terhadap KPK. Ia hanya menyebutkan bahwa publik lupa bahwa ada lima orang pimpinan KPK.

Baca Juga :

Polisi Ungkap Sindikat Uang Palsu di Jakbar Samarkan Lokasi Produksi Jadi Kantor Akuntan Publik

“Tidak ada dukungan hanya karena ada satu sosok. Publik lupa bahwa masih ada sosok pimpinan lainnya. KPK bukanlah milik pimpinan,” jelas Alex.

Gedung KPK (Foto Ilustrasi)

Baca Juga :

PBHI Ungkap Pentingnya Representasi Perempuan dalam Pimpinan dan Dewas KPK

Alex juga meminta kepada publik agar tidak menganggap pimpinan KPK sebagai malaikat. Dia juga berharap bahwa pimpinan selanjutnya dapat didukung sepenuhnya oleh sumber daya manusia (SDM) pegawai KPK yang berintegritas.

“Pimpinan bukanlah malaikat. Mereka yang terpilih tanpa didukung oleh SDM yang juga berintegritas dan independen tidak akan bisa, karena penanganan perkara itu berjenjang. Interaksi terhadap pegawai lebih mudah daripada terhadap pimpinan,” kata Alex.

Sementara itu, barisan pimpinan KPK yang bersamaan dengan Alex Marwata adalah Nawawi Pomolango, Johanis Tanak, Nurul Ghufron, dan Firli Bahuri. Namun, Firli Bahuri tidak lagi menjabat sebagai pimpinan KPK karena terlibat dalam dugaan korupsi.

Halaman Selanjutnya

Adapun barisan pimpinan KPK yang bersamaan dengan Alex Marwata adalah Nawawi Pomolango, Johanis Tanak, Nurul Ghufron, dan Firli Bahuri. Namun, Firli Bahuri tidak lagi menjabat sebagai pimpinan KPK karena terlibat dalam dugaan kasus korupsi.

Halaman Selanjutnya