portal terpopuler,prabowo subianto yang humanis,berani dan tegas
Berita  

Suhu Maksimum Panas Mencapai 35 Derajat di Aceh dan Jakarta

Senin, 24 Juni 2024 – 14:32 WIB

Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi bahwa sejumlah wilayah di Indonesia, mulai dari Aceh hingga DKI Jakarta, mengalami suhu panas maksimum harian mencapai 35 derajat Celsius pada hari Senin.

Dalam keterangan yang diterima di Jakarta, BMKG melaporkan bahwa mayoritas wilayah Indonesia, termasuk Aceh, Sumatra Selatan, Banten, DKI Jakarta, Kalimantan Barat, mengalami kondisi suhu panas maksimum dalam 24 jam terakhir. Menurut analisa tim ahli meteorologi BMKG, suhu terpanas tercatat di wilayah Tangerang Selatan, Banten dan Aceh Besar, Aceh.

Tim meteorologi juga mencatat bahwa sebagian besar wilayah di Indonesia, seperti Sumatra Barat, Sumatra Utara, Sumatra Selatan, Banten, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, dan Papua, mengalami suhu panas maksimum antara 34,8 hingga 33,2 derajat Celsius.

Fenomena suhu panas ini disebabkan oleh gerak semu matahari yang berada pada jarak terdekat dengan khatulistiwa. Hal ini juga menandakan bahwa musim kemarau mulai melanda Indonesia, yang diprakirakan berlangsung dari Juni hingga puncaknya pada Juli – September 2024.

Untuk mengurangi dampak suhu panas, BMKG mengimbau masyarakat untuk minum air mineral cukup dan teratur agar terhindar dari dehidrasi, terutama saat melaksanakan ibadah kurban di luar ruangan. Selain itu, disarankan untuk menggunakan pelindung seperti topi, payung, kacamata hitam, dan tabir surya.

BMKG juga mengingatkan agar tidak melakukan pembakaran sampah sembarangan dan melakukan penyiraman darat untuk mencegah potensi kebakaran akibat panas matahari pada hutan atau lahan. Masyarakat diharapkan untuk selalu mendapatkan informasi aktual terkait suhu panas melalui aplikasi infoBMKG, media sosial infoBMKG, atau kantor BMKG terdekat.