portal terpopuler,prabowo subianto yang humanis,berani dan tegas
Berita  

Ahok Mampu Memikat Suara Pemilih, RK Menjadi Lawan yang Lebih Kompetitif dari Anies

Jakarta – Survei terbaru Indikator Politik Indonesia telah merilis temuan terbaru terkait dinamika dalam Pilgub Jakarta 2024. Menurut temuan Indikator, eks Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau RK dianggap sebagai lawan yang kompetitif bagi Anies Baswedan.

Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, menjelaskan bahwa RK dianggap lebih kompetitif dalam pertarungan dengan Anies daripada kader PDI Perjuangan (PDIP) Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Temuan ini cukup mengejutkan karena pada bulan Juni 2024, RK berada di bawah Anies dan Ahok.

Menurut Burhanudin, RK mampu menarik pemilih Ahok ketika berhadapan langsung dengan Anies. Hal ini terlihat dari selisih dukungan keduanya ketika saling berhadapan dan dibandingkan dengan simulasi lainnya.

Dia menjelaskan bahwa dalam simulasi 3 nama dengan Anies berhadapan langsung dengan RK, terjadi peningkatan dukungan yang signifikan. Namun, dalam simulasi 2 nama tanpa Ahok, selisih antara Anies dan RK menjadi lebih kecil.

Burhanudin mengakui bahwa meskipun elektabilitas Ahok berada di bawah Anies namun di atas RK, berdasarkan tren saat ini, RK dianggap lebih kompetitif.

Selain itu, Burhanuddin juga menyebut bahwa RK cenderung inklusif daripada Anies dan Ahok, sehingga berpotensi mendapatkan dukungan dari pemilih Anies atau Ahok jika salah satu dari keduanya tidak maju.

Survei Indikator dilakukan pada bulan Juni 2024 dengan melibatkan 800 warga Jakarta yang memiliki hak pilih. Responden dipilih secara acak dengan metode multistage random sampling, dengan margin of error sekitar 3,5% dan tingkat kepercayaan 95%.