portal terpopuler,prabowo subianto yang humanis,berani dan tegas
Berita  

Pertemuan Dewan Pakar Golkar Menegaskan Tidak Membahas Calon Ketua Umum Pengganti Airlangga

Minggu, 18 Agustus 2024 – 15:36 WIB

Jakarta, VIVA – Sekretaris Dewan Pakar Partai Golongan Karya (Golkar) Ganjar Razuni menegaskan, pihaknya tidak membahas calon ketua umum pengganti Airlangga Hartarto. Hal ini berkaitan dengan acara pertemuan silaturahmi dan diskusi bersama yang digelar oleh Dewan Pakar Golkar pada Kamis, 15 Agustus 2024. Ganjar menjelaskan bahwa pertemuan tersebut hanya menyimak dan mendengarkan pandangan dan pendapat para anggota.

“Dewan Pakar sama sekali tidak membahas figur-figur calon ketua umum, sebab biarlah itu menjadi kewenangan Munas XI Partai Golkar,” kata Ganjar dalam keterangannya, Minggu 18 Agustus 2024.

Karenanya, dia menegaskan bahwa apabila ada unsur pimpinan dan anggota Dewan Pakar Golkar yang menyampaikan sikap soal calon ketua umum, itu adalah pendapat pribadi bukan pendapat institusi Dewan Pakar Partai Golkar. Ganjar menegaskan bahwa dalam acara silaturahmi, mereka hanya memberikan masukan terhadap naskah pandangan dan sikap Dewan Pakar di dalam Rapimnas dan Munas XI Golkar yang akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menurutnya, mereka juga membahas agar pemilihan legislatif (Pileg) DPR/DPRD dikembalikan menggunakan sistem proporsional tertutup. Proses seleksi calon anggota legislatif harus bersifat terbuka dan dapat dikontrol publik melalui scoring serta berbagai instrumen penilaian lainnya. Selain itu, mereka mendorong pembiayaan partai politik oleh APBN secara lebih layak untuk konsolidasi, pendidikan kaderisasi, manajemen dan tata kelola pendataan kader, dan agenda musyawarah lainnya.

Ganjar menuturkan, mereka juga membahas agar masa jabatan Ketua Umum Golkar dibatasi maksimal dua periode berturut dengan catatan memiliki prestasi yang luar biasa. Dia menyerahkan sepenuhnya kepada peserta Munas untuk membahas calon ketua umum bersama Ketua DPD Provinsi dan kabupaten/kota serta ormas-ormas Hasta Karya di dalam Munas XI tahun 2024.