portal terpopuler,prabowo subianto yang humanis,berani dan tegas
Berita  

Pilot Susi Air Philip Mehrtens yang Diculik KKB Selama 19 Bulan Akhirnya Dibebaskan

Pilot Susi Air Philip Mehrtens yang Diculik KKB Selama 19 Bulan Akhirnya Dibebaskan

Sabtu, 21 September 2024 – 11:02 WIB

Timika, VIVA – Pilot Susi Air, Philip Mehrtens akhirnya dibebaskan usai tersandera oleh Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB kelompok Egianysi Kogoya, di wilayah Nduga Papua.

Baca Juga :

Tantangan Bangun Mushola di Pedalaman Papua

Kaops Damai Cartenz 2024, Brigjen Pol Dr Fauzal Ramadhani, mengatakan Satgas Operasi Damai Cartenz 2024 mengedepankan upaya soft approach untuk membebaskan Pilot Philip.

“Ya benar, kami mengedepankan pendekatan melalui tokoh agama, tokoh gereja, tokoh adat dan keluarga dekat dari Egianus Kogoya. Pendekatan ini penting dilakukan untuk meminimalisir jatuhnya korban jiwa baik dari aparat, masyarakat sipil dan sekaligus menjaga keselamatan dari pilot itu sendiri,” jelas Faizal dalam keterangannya, Sabtu, 21 September 2024.

Baca Juga :

Anggota Polri Ditembak Dada dan Punggungnya oleh OTK di Lanny Jaya Papua

Setelah sekian lama melakukan pendekatan dengan berbagai tokoh tersebut, akhirnya membuahkan hasil. Pada hari ini Sabtu, 21 September 2024, Pilot Philip berhasil dijemput oleh Tim Gabungan TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas Damai Cartenz 2024.

Di sisi lain, Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2024 KBP Dr Bayu Suseno, menjelaskan bahwa Pilot Philip berhasil dibebaskan dan dijemput oleh tim gabungan bertempat di Kampung Yuguru, Distrik Maibarok, Kabupaten Nduga dan langsung diterbangkan menuju Mako Brimob Batalyon B/Timika.

Baca Juga :

Detik-detik OTK Umbar Tembakan 2 Kali di Papua, Anggota Polisi Brigpol Johan Tewas

“Ya benar sekali, hari ini kami berhasil menjemput Pilot Philip dalam keadaan sehat. Pilot kami terbangkan dari Nduga langsung menuju Timika” jelas Bayu.

Selanjutnya Pilot Philip langsung dibawa ke ruangan khusus untuk dilakukan mitigasi medis sekaligus memastikan kondisi psikologis Pilot Philip dalam keadaan stabil. Setelah kegiatan mitigasi, rencananya akan digelar konferensi pers di Posko Operasi Damai Cartenz 2024 di Mako Brimob Batalyon B/Timika.

“Setelah dilakukan mitigasi, akan dilanjutkan dengan konferensi pers. Silakan rekan2 media dapat hadir ke posko kami di Mako Brimob Batalyon B/Timika untuk mendengar langsung isi konferensi pers dari para pejabat” pungkas Bayu.

OPM Ajukan Proposal Skenario Pembebasan Pilot Susi Air, Satgas Polri: Mudah-mudahan Serius

KKB Papua pimpinan Egianus Kogoya, menyebarluaskan informasi proposal di media sosial akan melakukan pembebasan terhadap Pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens

VIVA.co.id

18 September 2024

Exit mobile version