portal terpopuler,prabowo subianto yang humanis,berani dan tegas
Berita  

Penyelundupan Sabu dan Ekstasi ke Tanah Air Meningkat Tahun Ini, Terutama dari Iran dan Malaysia

Sabtu, 30 Desember 2023 – 10:36 WIB

Jakarta – Polisi memetakan peningkatan peredaran narkoba jelang tahun baru. Menurut Brigadir Jenderal Polisi Mukti Juharsa, Direktur Tindak Pidana Narkoba Badan Reserse Kriminal Polri, terjadi peningkatan terutama pada narkoba jenis sabu dan ekstasi.

“Meningkatnya masuk barang-barang dari luar terutama sabu dan ekstasi,” ujar Mukti, Sabtu 30 Desember 2023.

Mukti, yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya, menyebutkan bahwa obat-obatan terlarang tersebut kebanyakan dikirim dari luar negeri, seperti Iran dan Malaysia.

“Jumlah sabu dan ekstasi masih informasi dari luar negeri yang masuk ke Indonesia,” katanya.

Polisi akan terus menerapkan upaya pencegahan peredaran narkoba menjelang malam tahun baru dengan melakukan razia di tempat-tempat hiburan yang dianggap rawan penyalahgunaan narkoba.

“Operasi razia di tempat hiburan yang dianggap sebagai rawan narkotika kita sudah maksimalkan untuk mencegah peredaran narkoba di tempat-tempat hiburan,” ujarnya.

Pada periode tiga bulan sejak 21 September hingga 28 Desember 2023, Polri berhasil menangkap 11.828 tersangka narkoba di Tanah Air. Selama periode tersebut, Polri juga berhasil menyita sejumlah barang bukti narkoba berupa sabu, ekstasi, ganja, kokain, tembakau gorila, heroin, ketamin, dan obat keras.