portal terpopuler,prabowo subianto yang humanis,berani dan tegas
Berita  

Kombes Ade Berbicara Terus Terang tentang Pertanyaan yang Diajukan kepada Firli Bahuri Hari Ini

Selasa, 24 Oktober 2023 – 15:12 WIB

Jakarta – Polda Metro Jaya akan mengajukan pertanyaan kepada Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri, mengenai foto pertemuan dengan mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL). Hal ini terkait kasus dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK dalam penanganan kasus korupsi di Kementerian Pertanian pada tahun 2021.

Proses penyidikan terhadap foto ini merujuk pada Pasal 36 dan 65 Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. “Salah satunya adalah foto pertemuan antara Firli dan SYL yang akan didalami,” kata Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Ade Safri Simanjuntak kepada wartawan pada Selasa, 24 Oktober 2023.

Penyidik gabungan dari Polda Metro Jaya dan Bareskrim Polri masih memeriksa Firli hingga pukul 15.00 WIB. Namun, tidak ada rincian lebih lanjut mengenai pemeriksaan yang sedang berlangsung tersebut.

Kasus dugaan pemerasan yang dilakukan pimpinan KPK dalam penanganan kasus korupsi di Kementerian Pertanian pada tahun 2021 telah naik status menjadi penyidikan oleh Polda Metro Jaya. “Selanjutnya direkomendasikan untuk dinaikkan status dari penyelidikan ke tahap penyidikan,” ujar Komisaris Besar Polisi Ade Safri Simanjuntak kepada wartawan pada Sabtu, 7 Oktober 2023.

Sebelumnya, Ketua KPK Firli Bahuri dipanggil untuk diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan pemerasan yang dilakukan pimpinan KPK terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Firli datang tanpa diketahui oleh awak media dan masuk melalui pintu belakang Rupatama Mabes Polri, yang merupakan kantor Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Ade Safri Simanjuntak membenarkan kehadiran Firli tersebut. “Sudah hadir,” kata Ade kepada wartawan pada Selasa, 24 Oktober 2023.

Firli Bahuri membantah dugaan pemerasan yang dilakukan oleh pimpinan KPK. Dugaan ini, yang mengarah kepada Firli Bahuri, muncul setelah beredar foto Firli dengan SYL di sebuah lapangan bulu tangkis. Firli menjelaskan bahwa pertemuan tersebut terjadi sebelum dugaan korupsi di Kementerian Pertanian terjadi, tepatnya pada Maret 2022. Foto tersebut beredar setelah KPK menyelidiki kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian.