portal terpopuler,prabowo subianto yang humanis,berani dan tegas
Berita  

RI memiliki banyak proyek CCS Hub, berpotensi menjadi pusat perdagangan karbon dunia

Selasa, 7 November 2023 – 22:39 WIB

Jakarta – Indonesia dinilai sangat berpotensi untuk menjadi pusat karbon dunia, mengalahkan Jepang yang sudah lebih dulu menerapkan teknologi Penangkapan dan Penyimpanan Karbon (CCS) dan Pemanfaatan dan Penyimpanan Karbon (CCUS).

Ketua Umum Indonesia Carbon Trade Association (IDCTA), Riza Suarga mengatakan, besarnya potensi Indonesia sebagai pusat perdagangan karbon dunia terlihat dari beberapa proyek pusat CCS yang saat ini dikembangkan di Sumatera, Jawa Barat Utara, Papua, dan Masela. “Lokasi tersebut merupakan potensi yang mungkin ke depannya akan dikembangkan sebagai pusat CCS,” kata Riza dalam keterangannya, Selasa, 7 November 2023.

Dia yakin bahwa CCS akan menjadi jalan baru dalam pengembangan bisnis rendah karbon di masa depan. “Termasuk pengembangan hidrogen serta amonia hijau dan biru,” ujar Riza.

Sebagai salah satu upaya membuktikan potensi dan kapasitas Indonesia dalam menjadi pusat karbon dunia, Riza pun menggelar Forum Carbon Digital Conference (CDC) pada 8-10 November 2023 di Bali. Nantinya, akan ada 350 peserta yang hadir di forum tersebut, guna membahas tentang pasar karbon.

“IDCTA berharap akan terjadi transaksi pembelian karbon di forum tersebut. Kami berharap cita-cita Presiden Joko Widodo yang ingin menjadikan Indonesia sebagai pusat/poros karbon dunia, bisa tercapai dalam waktu dekat,” ujarnya.

Senada, PwC Indonesia Sustainability Leader dan Knowledge Partner untuk CDC 2023, Yuliana Sudjonno menambahkan, Indonesia memiliki pasokan kredit karbon yang melimpah. Namun tanpa sisi permintaan yang kuat di pasar karbon, maka pasar pemasok tidak akan berarti apa-apa.

“Diperlukan juga ekosistem yang mendukung mekanisme pemantauan kualitas kredit, sehingga dapat menciptakan kepercayaan masyarakat terhadap keandalan dan kredibilitas kredit yang diperdagangkan di IDX Carbon,” ujar Yuliana.

Forum CDC 2023 juga akan menjadi tempat untuk bertemu dengan para calon pembeli karbon. Nantinya akan ada sekitar 15 ribu perusahaan Jepang di Indonesia, yang menjadi potensi pembeli karbon. Forum CDC 2023 diselenggarakan oleh IDCTA bekerja sama dengan International Emission Trading Association (IETA), PwC Indonesia, dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Exit mobile version