portal terpopuler,prabowo subianto yang humanis,berani dan tegas

Harmoni Hijau: Semangat Acil Odah untuk Perempuan Banjar dalam Penanaman Pohon

Acil Odah memberikan Pesan Kepada Perempuan Banjar di Acara Penanaman Pohon

Banjarbaru—Ketua TP PKK Kalimantan Selatan dan Kepala Dinas Kesehatan Kalsel, Hj. Raudhatul Jannah (Acil Odah) melakukan penanaman pohon untuk memperingati Hari Kartini di Taman Hujan Tropis Indonesia, Perkantoran Pemprov Kalsel pada Senin (22/4/2024) pagi.

Bersama Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor atau Paman Birin, Acil Odah melakukan penanaman simbolis 2 batang pohon sambil melepas burung pipit sebagai simbol kebebasan perempuan dalam hidupnya.

Pada kesempatan tersebut, Acil Odah mendorong nilai-nilai Kartini Banjar sebagai inspirasi dalam kehidupan sehari-hari. Ia ingin agar perempuan memiliki keberdayaan di tengah perubahan zaman.

“Perempuan-perempuan Banjar memiliki peran yang besar. Tidak hanya di Kalimantan Selatan, tetapi juga di dunia. Anak-anak banyak yang berada di bawah peran perempuan. Jika ingin kontrol, perempuan memiliki peran penting,” ujarnya saat acara penanaman pohon.

Tanpa meremehkan peran laki-laki atau suami, Acil menekankan pentingnya peranan perempuan dalam keluarga, termasuk dalam pengambilan keputusan dan sebagai motivator.

“Peran perempuan tidak boleh melebihi peran suami. Kita harus menghormati dan mendukung peran tersebut. Perempuan merupakan pilar dan mitra bagi suami,” pesan Acil Odah.

Acil Odah juga menyarankan agar perempuan Banjar taat kepada suami, layaknya dirinya sebagai istri Gubernur Kalsel, Paman Birin, untuk memberikan dukungan dan doa selalu.

Ia menegaskan bahwa jika suami memiliki kekurangan, istri dapat melengkapinya dan sebaliknya. Peran perempuan dalam keluarga sangat penting untuk menciptakan keharmonisan dan kebahagiaan dalam hidup.

“Penanaman ini memiliki makna tersendiri untuk perempuan. Peranan perempuan dalam melahirkan juga membantu pertumbuhan anak, sehingga keberadaan oksigen dan karbon dioksida yang cukup melalui penanaman pohon dapat menyuplai udara segar,” jelas Acil Odah.

Seperti yang disampaikan oleh Acil Odah, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel, Fatimatuzzahra juga menyoroti Hari Kartini sebagai momentum bagi perempuan untuk berani keluar dari zona aman dan mengambil peran besar di berbagai bidang.

“Kegiatan kita melibatkan 2.500 orang, dengan 90% di antaranya adalah perempuan, sehingga hidup perempuan Banjar dapat terangkat,” kata Fatimatuzzahra.

Ia menambahkan bahwa peringatan ini menjadi momen besar bagi perempuan dan perlu dijadikan sebagai panggung untuk menggelorakan semangat. Namun, peran laki-laki sebagai pendamping perempuan tidak boleh diabaikan.

“Seperti peran Acil Odah sebagai istri Gubernur Kalsel, Paman Birin. Kita harus mengambil contoh dari sosok seperti Acil Odah yang sangat menginspirasi,” ujar Fatimatuzzahra.

Fatimatuzzahra juga berharap agar tanaman yang telah ditanam dapat tumbuh dengan subur dan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.

“Cuaca hari ini mendukung. Semoga Allah memberkahi agar tanaman dapat tumbuh subur dan bermanfaat bagi manusia, hewan, dan lingkungan,” tutupnya.

Penanaman pohon ini bertema “Perempuan Menanam” dan dihadiri oleh Paman Birin, Acil Odah, Direktur Bank Kalsel, Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Forum Anak Provinsi Kalsel, dan Kelompok Tani Perempuan.

#Lingkungan, #RA Kartini, #Paman Birin, #Pemprov Kalsel.

Sumber: https://www.alinea.id/daerah/acil-odah-tanam-pohon-di-peringatan-hari-kartini-b2k5m9POs

Source link

Exit mobile version