portal terpopuler,prabowo subianto yang humanis,berani dan tegas
Berita  

Boeing Akhirnya Mengakui Kesalahan atas 2 Kecelakaan Fatal 737 MAX di Indonesia dan Ethiopia

Boeing Akhirnya Mengakui Kesalahan atas 2 Kecelakaan Fatal 737 MAX di Indonesia dan Ethiopia

Washington – Perusahaan Boeing mengakui bersalah atas tuduhan penipuan untuk menyelesaikan penyelidikan Departemen Kehakiman AS terkait dua kecelakaan fatal 737 MAX. Pemerintah menyampaikan hal tersebut dalam pengajuan ke pengadilan pada Minggu malam, 7 Juli 2024.

Baca Juga :

Klarifikasi Cuitan Mahfud Md soal Penyewaan Jet untuk Dinas, Begini KPU Jawaban Plt Ketua KPU

Permohonan itu, yang memerlukan persetujuan hakim federal, akan menunjukkan bahwa pembuat pesawat tersebut bersalah.

Baca Juga :

17 Korban Longsor di Gorontalo Belum Ditemukan, 230 Personel Gabungan Dikerahkan

Boeing juga akan membayar denda pidana sebesar US$ 243,6 juta atau setara dengan Rp 3,9 triliun, kata Departemen Kehakiman (DOJ) dalam dokumen yang diajukan ke pengadilan federal di Texas yang memberikan gambaran umum tentang prinsip perjanjian tersebut.

Tuduhan tersebut terkait dengan dua kecelakaan pesawat 737 MAX di Indonesia dan Ethiopia selama tahun 2018 dan 2019, yang menewaskan 346 orang dan mendorong keluarga korban untuk menuntut Boeing.

Baca Juga :

Masih Ada 17 Penambang Emas Korban Longsor di Gorontalo Belum Ditemukan

Pengakuan bersalah dapat mengancam kemampuan perusahaan untuk mendapatkan kontrak pemerintah yang menguntungkan dengan Departemen Pertahanan AS dan NASA, meskipun perusahaan tersebut dapat meminta keringanan.

Boeing terkena tuntutan pidana setelah Departemen Kehakiman pada bulan Mei menemukan perusahaan melanggar penyelesaian pesawat tahun 2021, yang melibatkan kecelakaan fatal tersebut.

Namun, permohonan itu menghindarkan Boeing dari persidangan yang kontroversial, yang dapat mengekspos banyak keputusan perusahaan yang mengarah pada kecelakaan pesawat MAX yang fatal agar dapat diawasi lebih luas oleh publik.

Hal ini juga akan memudahkan perusahaan, yang akan memiliki CEO baru akhir tahun ini, saat mencari persetujuan untuk rencana akuisisi Spirit AeroSystems.

Seorang juru bicara Boeing mengonfirmasi pihaknya telah mencapai kesepakatan prinsip mengenai resolusi dengan Departemen Kehakiman.

“Produsen pesawat juga setuju untuk menginvestasikan setidaknya US$ 455 juta selama tiga tahun ke depan untuk memperkuat program keselamatan dan kepatuhannya,” menurut pengajuan tersebut, dikutip dari USA Today, Senin, 8 Juli 2024.

Sebelumnya, DOJ pada 30 Juni menawarkan perjanjian pembelaan kepada Boeing, dan memberi perusahaan tersebut waktu hingga akhir minggu untuk mengambil kesepakatan atau menghadapi persidangan atas tuduhan berkonspirasi untuk menipu Federal Aviation Administration (FAA), sehubungan dengan fitur perangkat lunak utama terkait dengan kecelakaan fatal tersebut.

Dorongan Departemen Kehakiman untuk menuntut Boeing telah memperdalam krisis, yang melanda Boeing sejak ledakan terpisah dalam penerbangan pada bulan Januari, yang mengungkap masalah keselamatan dan kualitas yang berkelanjutan di perusahaan pembuat pesawat tersebut.

Sebuah panel diketahui mengekspos jet Boeing 737 MAX 9 baru dalam penerbangan Alaska Airlines pada 5 Januari, hanya dua hari sebelum perjanjian penangguhan penuntutan pada tahun 2021, yang melindungi perusahaan tersebut dari penuntutan atas kecelakaan fatal sebelumnya telah berakhir.

Boeing juga menghadapi penyelidikan kriminal terpisah yang sedang berlangsung atas insiden Alaska.

Perjanjian tersebut hanya mencakup tindakan Boeing sebelum kecelakaan fatal terjadi dan tidak melindungi pembuat pesawat dari kemungkinan penyelidikan atau tuntutan lainnya terkait insiden bulan Januari.

Boeing juga akan mengaku bersalah karena membuat pernyataan palsu kepada Federal Aviation Administration (FAA) tentang perluasan fitur perangkat lunak utama, yang digunakan pada pesawat MAX untuk beroperasi pada kecepatan rendah.

Perangkat lunak baru ini diketahui menghemat uang Boeing karena memerlukan pelatihan yang tidak terlalu intensif bagi pilot.

Maneuvering Characteristics Augmentation System (MCAS) adalah fitur perangkat lunak yang dirancang untuk secara otomatis mendorong hidung pesawat ke bawah dalam kondisi tertentu.

Hal ini terkait dengan dua kecelakaan yang menyebabkan FAA melarang terbang pesawat tersebut selama 20 bulan, sebuah tindakan yang merugikan Boeing sebesar US$ 20 miliar (Rp 325,1 triliun) dan dicabut oleh pemerintah pada November 2020.

“Sebagai bagian dari kesepakatan, dewan direksi Boeing akan bertemu dengan keluarga korban kecelakaan MAX,” kata dokumen tersebut.

Pejabat DOJ pun mengubah proses mereka dalam memilih pemantau independen, sebagai tanggapan atas reaksi keras dari salah satu pengacara yang mewakili keluarga korban, yang berpendapat bahwa keluarga korban harus memilih kandidat tersebut daripada pemerintah memilih dari sejumlah kandidat yang akan diusulkan Boeing.

Para pejabat AS menyesuaikan tawaran permohonan mereka kepada Boeing dengan menetapkan bahwa mereka akan memilih sejumlah kandidat yang memenuhi syarat berdasarkan permintaan publik, termasuk kandidat yang didukung oleh keluarga.

Pengacara beberapa keluarga korban yang tewas dalam dua kecelakaan MAX mengatakan mereka bermaksud menggunakan hak mereka untuk menentang kesepakatan tersebut.

“Keluarga bermaksud berargumen bahwa kesepakatan pembelaan dengan Boeing tidak adil dan memberikan konsesi kepada Boeing yang tidak akan pernah diterima oleh terdakwa kriminal lainnya, serta gagal meminta pertanggungjawaban Boeing atas kematian 346 orang,” kata mereka dalam pengajuan terpisah ke pengadilan.

Perjanjian itu tidak melindungi eksekutif mana pun, menurut pengajuan DOJ, meskipun tuntutan terhadap individu tampaknya tidak mungkin terjadi karena undang-undang pembatasan.

Mantan kepala pilot teknis Boeing juga didakwa sehubungan dengan perjanjian penipuan Boeing, tetapi dibebaskan oleh juri pada tahun 2022.

Hukuman yang disepakati adalah denda kedua bagi Boeing sebesar US$ 243,6 juta terkait dengan kecelakaan fatal tersebut, dan menjadikan denda itu penuh hingga jumlah maksimum yang diizinkan.

Perusahaan membayar denda sebelumnya sebagai bagian dari penyelesaian $2,5 miliar pada tahun 2021.

Denda sebesar $243,6 juta mewakili jumlah yang dihemat Boeing dengan tidak menerapkan pelatihan simulator penerbangan penuh untuk pilot MAX.

Keluarga korban kecelakaan tersebut juga mengecam perjanjian sebelumnya dan tahun ini menekan Departemen Kehakiman untuk meminta dana sebesar $25 miliar dari Boeing.

Tahun ini, DOJ telah mengadakan beberapa pertemuan untuk mendengarkan keluarga korban saat mereka menyelidiki pelanggaran Boeing terhadap kesepakatan tahun 2021.

“DOJ dan Boeing sedang berupaya untuk mendokumentasikan perjanjian pembelaan tertulis secara lengkap dan mengajukannya ke pengadilan federal di Texas pada 19 Juli,” kata DOJ dalam pengajuan pengadilan.

Halaman Selanjutnya

Namun, permohonan itu menghindarkan Boeing dari persidangan yang kontroversial, yang dapat mengekspos banyak keputusan perusahaan yang mengarah pada kecelakaan pesawat MAX yang fatal agar dapat diawasi lebih luas oleh publik.

Exit mobile version