portal terpopuler,prabowo subianto yang humanis,berani dan tegas
Berita  

Polisi Menghentikan Tilang Uji Emisi di Jakarta Terkait Banyaknya Keluhan

Kamis, 2 November 2023 – 13:14 WIB

Pihak kepolisian memutuskan untuk tidak menerapkan kebijakan tilang bagi kendaraan yang tidak lolos uji emisi di Jakarta. Kebijakan tilang ini sebelumnya diberlakukan kembali pada Rabu, 1 November 2023 setelah sebelumnya dihapus.

Meskipun tidak ada tilang, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman mengatakan bahwa pihaknya tetap akan memberikan imbauan kepada para pengendara yang kendaraannya tidak lolos uji emisi. “Soal penilangan uji emisi dihilangkan. Ditlantas tidak ada melakukan penilangan, tapi tetap akan melakukan imbauan,” ujar Latif saat dihubungi wartawan, Kamis, 2 November 2023.

Peniadaan tilang ini dilakukan setelah banyaknya komplain dari masyarakat. Oleh karena itu, pihak kepolisian memutuskan untuk tidak melanjutkan kebijakan yang hanya berlangsung satu hari tersebut. “Banyak masyarakat yang komplain. Makanya mulai hari ini kami tetap melakukan sosialisasi tidak ada penilangan. Kita tetap melakukan imbauan tapi tidak ada penilangan,” jelasnya.

Dari evaluasi hari pertama, Latif menyebut bahwa banyak masyarakat yang lebih membutuhkan sosialisasi daripada penilangan. Oleh karena itu, pihak kepolisian memutuskan untuk menggencarkan sosialisasi tanpa penilangan. “Kita melihat situasi kondisi masyarakat saat ini, dan banyak masyarakat yang istilahnya masih butuh sosialisasi lagi,” ungkapnya.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melaksanakan razia uji emisi dan memberlakukan sanksi tilang bagi kendaraan yang tidak lolos uji emisi. Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Asep Kuswanto mengatakan bahwa razia uji emisi ini sangat efektif untuk memperbaiki kualitas udara. Namun, setelah melalui evaluasi, pihak kepolisian memutuskan untuk tidak melanjutkan kebijakan tilang tersebut.

Exit mobile version