portal terpopuler,prabowo subianto yang humanis,berani dan tegas
Berita  

Perang Israel-Palestina di Gaza Berlanjut selama Satu Bulan

Rabu, 8 November 2023 – 11:41 WIB

VIVA Dunia – Sudah satu bulan sejak Hamas melancarkan serangan ke Israel. Serangan terjadi pada 7 Oktober 2023 lalu.

Baca Juga :

WHO Ungkap Sekitar 160 Anak Terbunuh di Gaza Setiap Hari

Lebih dari 10.000 warga Palestina telah tewas oleh tentara Israel di Jalur Gaza yang terkepung sejak 7 Oktober akibat serangan udara dan artileri yang hebat, lebih dari 4.000 anak-anak dan 2.550 wanita menjadi korban. Sekitar 24.800 orang lainnya, termasuk 10.000 anak-anak terluka, dan 1,5 juta orang atau sekitar 60 persen dari populasi terpaksa mengungsi dari rumah mereka dengan harapan dapat menghindari maut, dan banyak dari mereka terbunuh saat berlindung di rumah sakit, sekolah, dan bahkan kamp pengungsi, menurut laporan Al Jazeera, Rabu, 8 Oktober 2023.

Baca Juga :

Massa Gelar Aksi Bela Palestina di McD Mataram Lombok, Boikot Produk Pro Israel

Namun selain serangan terhadap Jalur Gaza, Israel dan pemukim Israel secara bersamaan meningkatkan serangan terhadap warga Palestina di luar wilayah kantong tersebut. Permasalahan antara Palestina-Israel sudah berlangsung selama bertahun-tahun, jauh sebelum tanggal 7 Oktober.

Faktanya, PBB telah menyatakan tahun 2022 sebagai tahun “paling mematikan” bagi warga Palestina di Tepi Barat dan Yerusalem Timur yang diduduki sejak tahun 2006. Pasukan Israel telah membunuh 170 warga Palestina di wilayah tersebut. wilayah tersebut pada tahun 2022, termasuk lebih dari 30 anak-anak, sementara lebih dari 9.000 lainnya terluka. Jumlah warga Palestina yang terbunuh pada tahun 2023 telah jauh melampaui angka kematian tahun lalu.

“Mimpi buruk di Gaza lebih dari sekedar krisis kemanusiaan. Ini adalah krisis kemanusiaan,” kata Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres pada hari Senin. Badan PBB yang beroperasi di wilayah Palestina, UNRWA, mengatakan setidaknya 70% penduduk Gaza telah mengungsi sejak perang dimulai dan tempat penampungan PBB di wilayah kantong tersebut kapasitasnya empat kali lipat.

“Gaza menjadi kuburan bagi anak-anak. Ratusan anak perempuan dan laki-laki dilaporkan terbunuh atau terluka setiap hari,” kata Guterres. “Lebih banyak jurnalis yang dilaporkan terbunuh dalam jangka waktu empat minggu dibandingkan konflik apa pun setidaknya dalam tiga dekade. Lebih banyak pekerja bantuan PBB yang terbunuh dibandingkan periode mana pun dalam sejarah organisasi kami.” Sejak 1 Januari 2023, pasukan dan pemukim Israel telah membunuh sedikitnya 371 orang di Tepi Barat dan Yerusalem Timur yang diduduki. Hampir setengah dari mereka, kurang lebih berjumlah 163 orang, terbunuh dalam sebulan awal tahun. Setidaknya 43 di antaranya adalah anak-anak.

Lebih dari 2.300 orang lainnya terluka, termasuk sedikitnya 244 anak-anak, dan lebih dari setengahnya terluka dalam protes terhadap pemboman di Gaza. Kini berjuta-juta orang di seluruh dunia meneriakkan dukungan mereka kepada Palestina dan mendesak Israel untuk menghentikan serangan mereka. Jutaan rakyat Inggris, AS, Italia, Jepang hingga Indonesia turun ke jalanan menyuarakan suara mereka, memboikot produk-produk yang mendukung Israel dan memberikan bantuan berupa uang dan barang.

Exit mobile version