portal terpopuler,prabowo subianto yang humanis,berani dan tegas
Berita  

5 Negara yang Bebas Dari Penjajahan, Berbatasan Dengan Indonesia

Sabtu, 24 Februari 2024 – 05:08 WIB

Jakarta – Ada beberapa negara di seluruh dunia yang tidak pernah dijajah, namun di antaranya ada yang berbatasan dengan Indonesia.

Seperti yang diketahui, di masa lampau beberapa negara di dunia sering kali dijajah. Namun sekarang penjajahan telah dihapuskan dari muka bumi. Berikut adalah beberapa negara yang tidak pernah dijajah menurut laporan India Time:

1. Bhutan

Negara kecil di wilayah timur pegunungan Himalaya ini menjadi negara yang tidak pernah dijajah. Meskipun Inggris pernah menyerang negara tersebut pada tahun 1772 hingga 1774, Bhutan berhasil melakukan negosiasi perjanjian damai dengan Inggris pada tanggal 25 April 1774. Sebagai imbalannya, Bhutan memberikan 5 ekor kuda dan memberikan izin kepada pasukan Inggris untuk menebang kayu.

2. Thailand

Thailand menjadi negara ASEAN pertama yang tidak pernah dijajah oleh negara manapun. Dulu Thailand dipimpin oleh Raja Chulalongkorn yang dianggap sebagai salah satu raja terhebat yang pernah memimpin Thailand. Raja Chulalongkorn berupaya mengadopsi beberapa kebiasaan Eropa dan tertarik untuk mengembangkan teknologi Eropa agar negaranya tidak dijajah. Selain itu, Raja Chulalongkorn menjalin hubungan dengan Inggris guna mencegah penjajahan dari negara-negara Eropa.

3. China

China menjadi negara yang tidak pernah dijajah, karena mereka memiliki tentara dan pemerintahan yang kuat seperti Kekaisaran Ottoman. Wilayah yang luas membuat China sulit untuk dijajah oleh Inggris dan Prancis.

4. Arab Saudi

Arab Saudi juga menjadi negara yang tidak pernah dijajah. Pada abad ke-16, Kesultanan Utsmaniyah telah menguasai sebagian besar wilayah Eropa Tenggara, Asia Barat, hingga Afrika Utara.

5. Nepal

Meskipun pasukan militer Nepal bertempur dalam Perang Inggris-Nepal antara tahun 1814 hingga 1816, British East India Co. berhasil menguasai sekitar 30% wilayah Nepal. Namun, pasukan Inggris meninggalkan sebagian besar Nepal sebagai negara merdeka setelah mengalami kesulitan di medan perang yang berat. Akibatnya, Angkatan Darat Inggris merekrut pasukan Gurkha untuk menjadi tentara kolonial.

Halaman Selanjutnya
Source: Youtube

Exit mobile version