portal terpopuler,prabowo subianto yang humanis,berani dan tegas
Berita  

Penampakan Jemaah Salat Idul Adha di Masjid Al-Azhar

Minggu, 16 Juni 2024 – 09:18 WIB

Jakarta – Jemaah Salat Idul Adha di Masjid Al-Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, ramai hingga ke bagian luar masjid pada Minggu, 16 Juni 2024. Salat Idul Adha dimulai sekitar pukul 07.10 WIB dan selesai sekitar pukul 07.25 WIB.

Kepala Kantor Masjid Al-Azhar, Tatang Komara menjelaskan bahwa Masjid Al-Azhar melaksanakan Salat Idul Adha pada tanggal 16 Juni 2024 karena Yayasan Pesantren Islam (YPI) Al-Azhar mengacu pada pelaksanaan wukuf di Arafah.

“Tindakan dari Pengurus YPI Al-Azhar untuk Idul Adha 1445 Hijriah, kami setuju dengan informasi dari Arab Saudi mengenai wukuf di Arafah jatuh pada tanggal 15 Juni 2024, dan keesokan harinya adalah Idul Adha. Oleh karena itu, kami menetapkan Salat Idul Adha kali ini pada tanggal 16 Juni 2024, hari Ahad,” kata Tatang seperti dilansir Antara.

Selain itu, pelaksanaan Salat Idul Adha hari ini juga didasarkan pada kesepakatan Organisasi Kerja Sama Islam (OKI). “Tentu juga berdasarkan atas kesepakatan OKI yang sudah lama sepakat untuk mengikuti wukuf di Arafah,” tambahnya.

Tatang menyebut bahwa Masjid Al-Azhar dan lingkungannya dapat menampung 12.000 hingga 13.000 orang. “Masjid dan aula serta lingkungannya dapat menampung 12.000 hingga 13.000 orang, Insya Allah. Kami telah menyiapkan segala sesuatunya mulai dari sarana hingga pengeras suara, agar dapat terdengar,” jelasnya.

Adapun, penyembelihan hewan kurban akan dilaksanakan pada hari Senin (17/6) di lapangan belakang Masjid Al-Azhar. Daging kurban akan dibagikan kepada masyarakat dan karyawan YPI Al-Azhar.

“Tersedia sapi 13 ekor dan kambing 25 ekor di Masjid Al-Azhar,” ucap Tatang.

Tema yang diangkat oleh Masjid Al-Azhar pada Idul Adha 1445 Hijriah berkaitan dengan Palestina. “Tema ini mengangkat isu pengorbanan sesuai dengan semangat Idul Adha. Kami ingin mengarahkan umat Islam untuk memiliki empati terhadap Palestina, bagaimana kita bisa berkorban baik secara pikiran maupun materi, agar saudara kita di Palestina bisa merdeka,” pungkasnya.

Exit mobile version