portal terpopuler,prabowo subianto yang humanis,berani dan tegas
Berita  

Elektabilitas Jan Samuel Maringka dan Pepet Elly Lasut

Elektabilitas Jan Samuel Maringka dan Pepet Elly Lasut

Rabu, 3 Juli 2024 – 04:52 WIB

Jakarta – Survei Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) merilis temuan terbarunya terkait Pemilihan Gubernur Sulawesi Utara atau Pilgub Sulut. Dari temuan survei LKPI, figur bakal cagub Elly Engelbert Lasut memiliki dukungan yang tertinggi.

Baca Juga :

PKB: Sandiaga Uno Punya Popularitas di Jawa Barat

Namun, temuan yang mengejutkan dari survei LKPI, munculnya nama Jan Samuel Maringka yang merupakan mantan Jaksa Agung Muda Intelijen atau Jamintel Kejagung RI dengan berada di urutan dua.

Direktur Eksekutif LKPI Togu Lubis menyampaikan Jan Samuel memepet Elly Lasut berdasarkan simulasi terbuka dari 1.590 responden. Data rinciannya sebagai berikut yaitu Elly Lasut 29,7%, Jan Samuel Maringka 27,9%, Christiany Eugenia Paruntu 9,3%. Lalu, ada beberapa nama lainnya.

Baca Juga :

Pilkada Lamongan 2024: Elektabilitas Yuhnorur Jadi yang Tertinggi versi Indopol

“Steven Kandouw (8,1%), Yulius Selvanus Komaling (4,6%), Tatong Bara, (3,2%), Vicky Lumentut (2,2%), Carlo Tewu (2,1), tidak memilih 12,9%,” kata Togu, dalam keterangannya, Selasa malam, 2 Juli 2024.

Togu menjelaskan dalam survei juga ada simulasi 5 nama dengan pertanyaan tertutup. Pertanyaannya yakni ‘Tokoh mana yang akan dipilih jika Pilgub Sulut digelar hari ini?’.

Baca Juga :

PKB Serahkan SK Rekomendasi ke Cagub-Cawagub, Ini Daftarnya

Dari jawaban responden, nama Elly Lasut ada di urutan teratas dengan 32,7%. Lalu, Jan Samuel Maringka 31,8%, Steven Kandouw 15,1%, Yulius Selvanus Komaling 6,7%, Christiany Eugenia Paruntu 4,3%. “Tidak memilih sebanyak 9,4%,” ujar Togu.

Meski demikian, dalam survei ada temuan menarik terkait tingkat akseptabilitas atau penerimaan masyarakat terhadap bakal cagub Sulut. Nama Jan Samuel ada di urutam paling tinggi dengan angka 76,7%. 

“Disusul Elly Engel…

Exit mobile version