portal terpopuler,prabowo subianto yang humanis,berani dan tegas

Peta Koalisi Partai Politik Menjelang Pemilihan Kepala Daerah 2024 di Pangandaran

DAILYPANGANDARAN – Menjelang pendaftaran Calon Bupati dan Wakil Bupati Pangandaran, peta koalisi politik menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 mulai memanas.

Beberapa partai politik (parpol) telah memberikan rekomendasi kepada salah satu pasangan calon. Dari 7 parpol yang memiliki kursi sementara, saat ini terbagi menjadi dua koalisi.

Koalisi pertama PDI-PAN mengusung Citra Pritiyami dengan Ino Darsono. Sedangkan koalisi kedua PKB, PKS, dan Gerindra mengusung Ujang Endin Indrawan dengan Dadang Solihat (Okta).

Namun, menjelang H-3 pendaftaran, kedua pasangan tersebut belum melakukan deklarasi. Meskipun keduanya sudah mendapatkan rekomendasi dari parpol.

Sementara itu, dua parpol yang berhasil memperoleh kursi di Pangandaran belum menentukan sikap, yaitu Golkar dan PPP. Golkar memiliki 5 kursi dan PPP memiliki 2 kursi.

Meski begitu, KPU Pangandaran akan membuka pendaftaran untuk Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati pada tanggal 27 hingga 29 Agustus 2024.

Dari dua kandidat calon yang sudah mendapatkan rekomendasi, pasangan Citra-Ino didukung oleh dua parpol yang memiliki 20 kursi DPRD. Sementara pasangan Ujang-Dadang memiliki 13 kursi DPRD.

Dua pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Belum Mendeklarasikan Diri

Sekretaris Jenderal DPC PDI Perjuangan Pangandaran, Riki Zulfikri, menyatakan bahwa partai belum memutuskan koalisi bersama dengan siapa mereka akan berkoalisi. “Belum, masing-masing calon masih memiliki kegiatan,” kata Riki, Sabtu (24/8/2024).

Sementara itu, PDI Perjuangan secara resmi memberikan rekomendasi kepada Citra-Ino yang diumumkan langsung oleh Sekretaris Jenderal PDI Hasto pada Rabu (22/8). Keduanya resmi akan didukung oleh PDI Perjuangan dan PAN.

Ketua DPC PKB Kabupaten Pangandaran, Otang Tarlian, mengonfirmasi bahwa Ujang Endin Indrawan akan berpasangan dengan Dadang Solihat pada Pilkada ini.

Ujang Endin dan Dadang Solihat telah menerima surat keputusan resmi dari Gerindra dan PKB. Otang juga menjelaskan bahwa PAN telah memberikan rekomendasi kepada Ino Darsono yang akan dipasangkan dengan Citra Pitriyami.

Sehubungan dengan Golkar, Otang menyatakan bahwa pihaknya masih menunggu untuk memutuskan apakah akan bergabung atau memanfaatkan hasil putusan MK. “Jika mengikuti putusan MK, mereka bisa mengajukan satu paket,” ucapnya.

Source link